ProdukGindara


Ikan gindara sendiri merupakan salah satu jenis ikan laut atau air asin yang mirip seperti ikan tongkol. Namun ikan gindara di alam bebas mampu mencapai berat hingga 50 kg lebih. Ikan ini juga dikenal dengan istilah ikan setan, karena warna dan bentuknya yang terkesan menyeramkan. Selain itu ikan ini juga memiliki sisik yang berwarna hitam dan tajam.

Selain sering disebut dengan ikan setan, beberapa daerah di Indonesia menyebut ikan ini sebagai ikan para raja atau Opu. Ikan gindara ini merupakan jenis ikan yang terkenal galak ketika dipancing, dan dapat menyeret perahu nelayan apabila ukurannya besar sekali.

Kandungan Gizi :
Bagian dari ikan gindara yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah minyak ikannya. Kandungan dari manfaat minyak ikan gindara ini, akan membuat tubuh menjadi lebih sulit terserang beberapa jenis penyakit, yang menyerang fungsi imun seperti : Flu, Batuk, TBC, Sesak nafas dan asma, Sakit kepala dan pusing serta Demam.

Minyak ikan gindara dinilai dapat memberikan perlindungan dari kanker di dalam tubuh.

Daerah Sebaran :
Di Indonesia sendiri, jenis ikan gindara dapat ditemukan pada perairan Sulawesi, yaitu di daerah kepulauan Selayar dan merupakan salah satu jenis ikan yang langka. Tidak heran, jika hasil olahan ikan gindara ini diolah dengan jenis masakan khas Makassar, seperti gulai dan masak kuning.