ProdukTuna Sirip Kuning


Tuna adalah ikan perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnus), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Kebanyakan bertubuh besar, tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

Kandungan Gizi :
Tuna memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini baik untuk membantu menjaga otot-otot agar tetap kuat. Protein juga baik untuk darah, kulit, rambut dan kuku.

Tuna memiliki omega-3 asam lemak yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Tuna merupakan sumber Selenium, antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Manusia, selain itu juga kaya akan Vitamin B, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daerah Sebaran :
Wilayah tangkap ikan tuna mayoritas berada di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Khusus di Indonesia, habitat ikan tuna banyak ditemui di sisi selatan laut Pulau Jawa, hingga kawasan timur Indonesia. Misalnya ikan tuna jenis bluefin, banyak ditemui hingga perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).